TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Rekrutmen Calon Anggota KPPS Pekon Banjar Agung Di Duga Pakai Sistem Keluarga,

Jatim Aktual, Tanggamus – Ketua Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pekon Banjar Agung Kecamatan Limau Kabupaten Tanggamus terkait dengan sistem rekrutmen calon anggota KPPS diduga tidak transparan dan penuh dengan keberpihakan. Senin (1/1/2024)

Hal tersebut berdasarkan temuan awak media yang didapatkan dari salah satu keterangan narasumber warga Pekon Banjar Agung Mat Najib (39).

“Pada saat hasil penetapan calon anggota KPPS, bahwa pihak PPS sudah menetapkan saya menjadi calon anggota terpilih, dan di tandatangani oleh Humami,”Kata Mat Najib

Menurut Mat Najib, terkait pembukaan pendaftaran KPPS Pekon Banjar Agung, ia sudah melakukan tahapan-tahapan sesuai dengan syarat berdasarkan PKPU nomor 8 tahun 2022.

“Pendaftaran tersebut sudah saya serahkan kepada sekretariat PPS Pekon Banjar Agung,”Ujar Mat Najib

Selanjutnya Mat Najib juga menjelaskan, bahwa setelah sekian hari berdasarkan hasil seleksi calon-calon terpilih, pada tanggal 29 Desember 2023 nama Mat Najib tertera menjadi peserta terpilih.

BACA JUGA :  Untuk Penyampaian Ranperda Kabupaten Tanggamus DPRD Menggelar Rapat Paripurna

“Jelang satu hari setelah nama saya ada di data terpilih, besok nya langsung berubah menjadi calon terpilih cadangan,”Jelas Mat Najib Kepada wartawan

Mat Najib pun mengungkapkan bahwa Ketua PPS Pekon Banjar Agung Humami, didalam rekrutmen calon anggota KPPS diduga pakai sistem keluarga, sehingga yang lulus seleksi administrasi calon anggota KPPS dominan masih keluarganya.

“Ini enggak adil namanya, saya akan menuntut keadilan,”Ujarnya

Mat Najib juga berharap, agar pihak-pihak terkait segera mengevaluasi sistem rekrutmen calon anggota KPPS yang sudah dilakukan oleh Ketua PPS Pekon Banjar Agung yang menurutnya diduga penuh dengan kejanggalan.

“Saya harap untuk PPS Tolong hasil keputusan awal jangan di rubah, karena ini menyangkut keadilan,”Harapannya

BACA JUGA :  Kadiskes Tanggamus Hadiri Penutupan Re-Akreditasi Puskesmas Putih Doh, Ambulance Butut Kena Potret.

Terpisah, Ketua PPK Kecamatan Limau Yudi Setiawan saat di konfirmasi via sambungan WhatsApp, mengatakan, terkait dengan hal tersebut, ia beserta jajaran untuk melakukan mediasi ke kantor panwascam limau ke kedua belah pihak yang bersangkutan.

“Intinya besok kita duduk bareng, cari solusi yang terbaik, jangan sampai karena persoalan ini menjadi gaduh,”Ujar Yudi Setiawan

Kemudian Ketua Panwascam Limau Wahyuddin siradj dalam penjelasannya via sambungan WhatsApp, ia juga mengatakan terkait laporan masyarakat tentang sistem rekrutmen KPPS tersebut, pihaknya menyarankan agar pihak penyelenggara dapat langkah-langkah yang terbaik untuk menyelesaikannya

“Terkait dengan panwascam sudah memberikan himbauan kepada PPK terkait rekrutmen KPPS di PPS, agar jangan sampai ada calon KPPS terlibat di partai/sipol, dan jangan sampai ada penyelenggara dalam satu ikatan perkawinan,”Kata Wahyuddin siradj

BACA JUGA :  Guna Lakukan Autopsi, Satreskrim Polres Tanggamus Bawa Dua Mayat Anonim Ke RS Bhayangkara.

Saat awak media menghubungi Ketua PPS Pekon Banjar Agung Humami via sambungan WhatsApp nomor +62 812-7286-0xxx namun tidak aktif.

Sampai berita ini diterbitkan, pihak awak media masih akan mneyelusuri kebenaran dari informasi yang disampaikan oleh pihak masyarakat tersebut.