TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Diduga Tidak Disiplin, Nakes Puskesmas Putih Doh Abaikan PP Nomor 53 Tahun 2010.

Jatim Aktual,Tanggamus – Tenaga Kesehatan Puskesmas Putih Doh Kecamatan Cukuh Balak Kabupaten Tanggamus di duga tidak mematuhi aturan dalam kedisiplinan kerja yang sesuai dengan prinsip-prinsip bidang pelayanan. Rabu (17/5/2023)

Berdasarkan Undang-undang No.5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, bahwa PNS memiliki tugas dalam memberikan pelayanan secara prima kepada masyarakat dan sebagai perencana, pelaksana, serta pengawas dalam pembangunan nasional melalui berbagai program atau kebijakan.

Menurut salah satu narasumber masyarakat dilingkungan sekitar puskesmas Putih Doh Kecamatan cukuh balak inisial Ahy (31), ia mengatakan bahwa rata-rata tenaga kesehatan puskesmas cukuh balak, masuk kerja tidak mematuhi standar disiplin.

“Aturan kerja baik tenaga honor maupun PNS, itu seharusnya pukul 7.30 Wib sudah ada ditempat kerja, dan pulangnya pukul 14.30 Wib, itu sudah ada aturannya,”Kata Ahy

BACA JUGA :  Pemerintah Pekon Tanjung Betuah Kecamatan Cukuh Balak, Menyalurkan BLT-DD Tahap Pertama

Dalam penjelasan Ahy kemudian, terkait kedisiplinan pegawai negeri sipil bidang pelayanan masyarakat khusus hari Jum’at dan Sabtu ada masa tenggang, dalam dua hari tersebut masuk pukul 7.30 Wib dan pulang pukul 13.30 Wib.

“Ya anak buah itu tergantung pimpinan, ini mereka sering pulang jam 12.00.Wib, kalau KUPT nya tidak disiplin ya anak buahnya ngikutin, Ka UPT nya juga jarang masuk,”Jelas Ahy

Lalu dalam keterangan selanjutnya, aturan masuk kerja Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam waktu satu minggu itu enam hari kerja terhitung dari hari Senin sampai dengan hari Sabtu dan hal tersebut sesuai yang tertuang dalam UU yang berlaku.

BACA JUGA :  Tekab 308 Polres Tanggamus Berhasil Tangkap Pelaku Curat di Pematang Sawa

“Hampir semuanya mas tidak disiplin, apa lagi Ka UPT nya, masuk cuma hari Senin sama hari Sabtu saja,”Ujarnya

Kemudian ia juga menambahkan, kalaupun semua Nakes tersebut mempunyai tanggung jawab terkait pelayanan terlebih itu pelayanan kesehatan, maka seyogyanya penegakan disiplin harus dilaksanakan.

“Ya mas, tolong itu harus di tegor, atau tindak lanjuti ke dinas terkait, biar kedepannya tidak terjadi lagi, terutama pimpinannya, jarang masuk ,”Tutupnya

Kemudian tim awak media mencoba untuk mengkonfirmasi KUPT Puskesmas Putih Doh Kecamatan Cukuh Balak, Sariman melalui WhatsApp dan telepon seluler ke nomor +62 813-6171-2xxx namun tidak pernah di angkat.

BACA JUGA :  Gadis Usia 38 Tahun Alami Gangguan Jiwa, Oleh Dinas Sosial Dan LKS Alamanda Di Bawa Ke RSJ Provinsi Lampung