TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

PPK Kecamatan Limau Gelar Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan

Jatim Aktual,Tanggamus – PPK Kecamatan Limau menggelar rapat pleno terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) tingkat kecamatan untuk pemilihan umum tahun 2024 yang bertempat di Aula Kantor Kecamatan Limau Kabupaten Tanggamus, Lampung. Rabu. (10/5/2023)

Rapat pleno terbuka tersebut di hadiri oleh Ketua PPK beserta anggota, seluruh Ketua dan anggota Panitian Pemungutan Suara (PPS), Panwascam, Anggota Polsek Limau, Anggota Koramil, serta para Ketua Partai Politik Kecamatan Limau.

Dalam rangkaian acara rapat pleno tersebut, Ketua PPK Kecamatan Limau Yudi Halimudin membuka Rapat pleno dengan dilanjutkan pembacaan Berita Acara Pleno Rekapitulasi DPSHP oleh Ketua PPS masing masing Pekon Se-Kecamatan limau.

Komisioner PPK Divisi data Nugraha Wijaya dalam keterangannya, bahwa Rapat pleno terbuka tersebut dalam rangka penetapan Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) secara serempak di Kabupaten Tanggamus.

“Sebelumnya kami melaksanakan rapat pleno DPS tingkat Pekon pada tanggal 6 mei 2023 beberapa hari yang lalu,”Terangnya

BACA JUGA :  Dalam Waktu Yang Tidak Lama, Tersangka Pembunuhan Di Gunung Alip Di Tangkap Polisi.

Selanjutnya Nugraha juga menjelaskan, terkait dengan rapat pleno terbuka tersebut, atas instruksi KPU RI guna penetapan DPS ditingkat PPK yang dilaksanakan secara serentak di seluruh Kabupaten/Kota.

“Hasil pleno di tingkat PPK ini untuk dipergunakan bahan penyusunan DPS di tingkat kabupaten,”Jelasnya.

Selain itu Nugraha Wijaya menyampaikan, selain penetapan berita acara, peserta undangan yang hadir baik dari perwakilan partai maupun pihak Panwascam menyampaikan berbagai tanggapan, baik itu tanggapan masalah perbaikan data maupun kritik dan saran agar kedepannya PPK Kecamatan Limau lebih baik lagi.

“Penetapan berita acara tersebut ada beberapa poin terkait pemilih sesuai dengan pencermatan aplikasi Sidalih, sudah jelas disitu sudah di paparkan terkait dengan pemilih, yaitu pemilih aktif, ada pemilih ubah, pemilih sesuai, pemilih tidak memenuhi syarat, dan juga pemilih non KTP elektrik,”Ujarnya

Di tempat yang sama Ketua Panwascam Kecamatan Limau Wahyuddin Sirat, ia juga memberikan penjelasan terkait hasil Rapat pleno terbuka DPSHP tersebut ada beberapa poin yang sudah disampaikan oleh pihak PPK, secara detail baik by name, by Andres maupun by NIK belum sampaikan sepenuhnya.

BACA JUGA :  Bocah 7 Tahun Penderita Gangguan Mata, Kapolda Lampung Lakukan Ini

“Yang disampaikan tadi cuma by name saja, dan terkait dengan tehnis ada beberapa PPS yang secara tehnis belum memenuhi kriteria terutama dalam menyampaikan berita acara baik tanggal maupun bulan tidak pas waktunya,”Jelas Wahyuddin

Lebih lanjut Wahyuddin juga menghimbau agar pihak penyelenggara saat acara rapat pleno DPT ataupun pleno di tungsura yang akan di pantau oleh masyarakat banyak agar di perbaiki lagi.

“Kami sedari awal sudah memberikan saran terkait perbaikan dalam pemilu di kecamatan limau, karena tadi terkait dengan berita acara, penomoran dan penanggalan memang salah, dan kami sudah memberikan saran kepada mereka,”Ujarnya

Lalu Wahyuddin juga berharap agar proses pemilu kedepan khusus di kecamatan limau supaya lebih baik lagi di banding dengan pemilu terdahulu, disarankan untuk ASN, TNI-POLRI maupun pihak penyelenggara agar menjaga netralitas didalam penyelenggaraan pemilu di tahun 2024 mendatang.

BACA JUGA :  Sebentar Lagi Sertijab Kapolres Pamekasan, Mampukah Mengungkap dan Mentersangkakakan Kasus OTT Raskin Desa Campor yang Mandek

“Terkait dengan netralitas ASN, TNI-POLRI maupun penyelenggara sudah di atur dalam UU Bawaslu, dan kedepan kita harus sinergi didalam pengawasan proses pemilu mendatang,”Harapannya

Rapat Pleno Terbuka diakhiri dengan penyerahan salinan Berita Acara Pleno kepada partai politik, Panwascam, perwakilan dari Polsek Kecamatan Limau, dan Perwakilan Koramil 424 -01/CKB.